Honda

Spesifikasi New Honda BR-V Facelift 2020

New Honda BRV Facelift 2020 By Otomax One

Honda BR-V merupakan mobil bergenre Low Sport Utylity Vehicle (SUV) yang menjadi salah satu tulang punggung penjualan mobil Honda di Indonesia.  Honda BRV juga memiliki kapasitas tempat duduk 7-penumpang yang saat ini banyak diminati. Mobil bergenre SUV dengan tingkat kenyamanan seperti MPV yang mampu memuat banyak penumpang.

Kompetisi yang semakin berat membuat tampang Honda BR-V mendapatkan penyegaran di tahun 2020 lalu. Low SUV ini mendapatkan tambahan aksesoris di bagian eksterior dan interiornya. Body moulding di sisi samping body BR-V terlihat lebih segar. Demikian juga dengan interiornya yang mendapatkan sistem multimedia lebih canggih berupa layar multimedia 8 inci di dalam dashboard. Head unit Honda BRV juga menjadi yang terbesar di kelasnya.

Honda BR-V 2020 masih menggunakan mesin 4-silinder 1.5 liter i-VTEC, mesin yang sama dengan mesin Honda Mobilio dan Honda HR-V. Kendati demikian mesin Honda BR-V mampu memuntahkan tenaga maksimun 120 PS pada putaran 6,600 rpm dan torsi puncaknya menyentuh 145 Nm pada putaran 4,600 rpm.

Selain itu kapasitas mesin Honda BR-V juga sama besarnya dengan para pesaingnya,  Fitur-fitur yang dimiliki Honda BR-V juga cukup menggiurkan seperti headlamp dengan LED Light Guide, aero kit di beberapa bagian tubuhnya, tombol audio switch di roda kemudi, head unit canggih, AC digital dengan double blower, dan juga fitur safety yang lengkap.

Spesifikasi Utama dari Honda BRV

New Honda BRV Facelift 2020
New Honda BRV Facelift 2020

Honda memang begitu banyak meraih sukses di pasar Indonesia mulai dari penjuaan motor yang mereka punya hingga penjualan mobil yang bisa di katakan cukup sukses besar di Indonesia. Ada banyak sekali tipe dan seri mobil yang secara resmi telah singgah di pasar otomotif Indonesia termasuk juga satu mobil terbaru mereka

saat ini honda seringkali menjadi salah satu parbrikan mobil yang terus menerus di gandrungi masyarakat di pasar Indonesia. Harga Honda BR-V yang di patok untuk pasar disegmen menengah juga menjadi salah satu kuni yang nantinya akan diraih pabrikan mobil ini.

Spesifikasi Brv
Jenis SUV
Harga Mulai Rp 251,2  Juta
Mesin 1497 cc
Tenaga 118 hp
Transmisi Manual
Tempat Duduk 7 Kursi

Dimensi

Dibandrolnya harga Honda BRV dengan cukup terjangkau menjadikan mobil ini di desain dengan dimensi panjang 4.455 mm, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.650 mm yang mana dimesnsi tersebut menjadikan mobil ini terlihat memiliki tampang yang cukup bongsor sama seperti Honda HR-V.

desain yang menawarkan perpaduan indahnya lekuk Honda Mobillio dengan sporty-nya Honda Jazz menjadikannya tampil lebih glamor karena memiliki body yang sangat stylish. Bagian dengan Honda BR-V yang di buat dengan membawa desain lampu yang tak begitu lebar, menjadikannya lebih terlihat elegan,

apalagi headlamp BR-V juga seakan memperlihatkan ketajamannya menerjang tengah malam dengan mengusung model long shape yang di dalamnya terdapat teknologi projector yang membuatnya mampu menerangi malam dengan jelas.

Tampilan depan yang lebih semarak dengan adanya front grill yang membawa model frame bertingkat dihiasi aksen krom mengkilat menjadikannya semakin terlihat menarik dan mewah. Apalagi bila kita melihat sisi belakangnya, dimana dengan harga Honda BRV yang cukup terjangkau,

mobil ini juga memiliki stoplamp yang di desain sedikit menonjol dengan tampilan yang lebih menarik yang di padukan dengan spoiler. Bahkan mobil roda 4 yang satu ini juga memiliki jarak sumbu roda 2.660 mm dan juga jarak dengan tanah mencapai 200 mm yang membuatnya terlihat sedikit lebih perkasa.

Dimensi
P x L x T 4.455 x 1.735 x i.650 mm
Jarak Poros Roda 2.660 mm
Jarak Terendah 200 mm
Berat Kosong 1.222  kg
Jumlah Penumpang (max) 7
Kapasitas Tangki BBM 47  L

Exterior Honda BRV

Exterior Honda BRV
Exterior Honda BRV

Tampilan luar pada spesifikasi Honda BRV ini memiliki aura yang gagah, khas mobil-mobil jenis big SUV.  BR-V tampil kalem namun memiliki lekuk body stylish yang memancarkan aura elegan yang sempurna. Selain itu, Honda BR-V pun tampil lebih langsing jika dibandingkan dengan mobil-mobil tipe crossover lainnya.

Desain headlamp pada BRV mengusung model long shape dengan garis tegas ke samping dengan teknologi projector headlamp. Dimensi lampunya pun tidak begitu lebar, sekilas mengingatkan pada tampilan headlamp Honda HR-V.

Sedangkan pada front grill, Honda BR-V mengusung model frame bertingkat dengan aksen krom mengkilat yang dilengkapi emblem merk Honda tepat di bagian tengah. Untuk bumper depan, BR-V terlihat semakin bergaya karena diatur dengan jarak yang agak tinggi dari tanah, berpadu dengan fog lamp yang cukup besar semakin menandakan bahwa Honda BR-V punya fascia yang benar-benar jantan.

Menuju desain samping, aura khas Honda CR-V dan HR-V mulai terlihat di sini. BR-V tampil dengan nemtuk bodi yang aerodinamis, khas Runabout Vehicle. Lalu, mobil ini juga menawarkan lekukan bodi yang dinamis dan tajam pada bagian sampingnya.

Selain itu, tampilan samping Honda BRV juga terlihat semakin sporty berkat tambahan aksesoris fender hitam berbahan fiber pada sisi bawah yang melingkar dari depan mengikuti alur ke belakang bodi mobil.

Berpindah pada bagian belakang, stop lamp pada BR-V dibuat menonjol dengan desain yang cukup futuristik berpadu dengan spoiler yang turut mempermanis aura sporty-nya. Terakhir, desain Honda BR-V pada bagian bodi ditutup dengan penggunaan spion model retractable mirror.

Eksterior
Adjustable Headlights Ya
Lampu Kabut Depan Ya
Kaca spion elektrik Ya
Kaca spion luar manual Tidak
Wiper Otomatis Tidak
Wiper Kaca Belakang Ya
Defogger Kaca Belakang Ya
Cover Velg Tidak
Velg alloy Ya
Antena elektrik Tidak
Tinted Glass Ya
Atap Convertible Dapat Dilipat Tidak
Roof rack Tidak
Sunroof Tidak
Moon Roof Tidak
Pijakan Samping Tidak
Lampu sein kaca Spion Luar Ya
Antena Terpadu Ya
Grille Krom Ya
Roof Rail Ya
Tuas Pembuka Tutup Bensin Ya
Jenis Rem Depan Ventilated Discs
Jenis Rem Belakang Drums

Interior Honda BR-V

Interior Honda BRV
Interior Honda BRV

Pada bagian kabin Honda BR V, mobil ini masih bisa untuk mengangkut maksimal 7 penumpang. Lalu pada bagian dahsboard, BR-V menawarkan sisi interior yang cukup cantik dengan penataan panel yang friendly dan fitur – fitur nya yang komplit. Dashboard Honda BR-V didominasi warna hitam dengan ruang kabin yang dibuat semenarik mungkin agak mirip dengan Honda Jazz.

Pada kabin depan terlihat bahwa Honda BRV tidak menampilkan penampilan interior yang murahan karena dilengkapi dengan fitur audio player Double DIN dengan layar 6.1 inci touch screen yang sudah cukup menunjang kebutuhan entertainmen di dalam kabin. Lalu, pada bagian panel instrumen juga terlihat cukup sederhana, namun tetap mewah.

Hal ini terlihat dari desain stir kemudi yang kecil dan speedometernya yang minimalis, serta bahan material yang digunakannya mirip dengan Honda Brio. Pada bagian jok, terdapat panel instrumen berteknologi One Touch Tumble. Kemudian pada bagian sabuk pengaman Honda BR-V terdapat fitur potensioner.

Sedangkan pada bagian belakang kabin terlihat cukup luas. Jok penumpang mobil ini juga sudah dibekali dengan teknolog 50:50 folding row 3, itu artinya jok dapat dilipat sebagai bagian tambahan bagasi. Untuk menambah kenyamanan, spesifikasi Honda BR-V menyematkan fitur AC Double Blower untuk menunjang kenyamanan penumpang.

  • Double Blower AC : ok
  • 50 : 50 Fold Down 3rd Row Seat : ok
  • Audio : Double Din (1.5L S), 6″ Display Audio Monitor (1.5L E dan1.5L Prestige)
  • Audio Steering Switch : ok (1.5L E dan1.5L Prestige)
  • Multi Information Display : ok (1.5L E dan1.5L Prestige)

Fitur Kenyamanan

Fitur Kenyamanan Honda BRV
Fitur Kenyamanan Honda BRV
Kenyamanan
AC Ya
Power Window Depan Ya
Power Window- Belakang Ya
Automatic Climate Control Tidak
Pemanas Ya
Power Steering Ya
Ventilasi AC Belakang Ya
Glove Box dengan Pendingin Tidak
Engine Start Stop Button Tidak
Adjustable Seats Ya
Kursi dengan Heater – Depan Tidak
Kursi dengan Heater – Belakang Tidak
Spion Lipat Elektrik Ya
Automatic Head Lamps Tidak
Follow Me Home Headlamps Tidak
Steering Wheel Gearshift Paddle Tidak
Power Outlet Ya
Lingkar kemudi Dengan Tombol Multi Fungsi Tidak
Cruise control Tidak
Kursi Lipat Belakang Ya
Pembuka Bagasi Ya
Lampu Pengingat Jumlah Bahan Bakar Ya
Lampu baca Ya
Headrest Kursi Belakang Ya
Arm Rest Belakang Tengah Tidak
Cup Holder – depan Ya
Cup Holder – belakang Ya
Lumbar support Tidak
Bottle Holder Ya
Vanity Mirror Ya
Meja Lipat Belakang Tidak
Keyless Entry Ya
Arm Rest Konsol Tengah Tidak

Fitur Keselamatan

Fitur Keselamatan Honda BRV
Fitur Keselamatan Honda BRV
Keselamatan
Airbag Penumpang Depan Ya
Airbag Samping Depan Tidak
Child Safety Locks Ya
Airbag Samping Belakang Tidak
Kantong Udara Pengemudi Ya
Anti Lock Braking System Ya
Brake Assist Tidak
EBD (Electronic Brake Distribution) Ya
Vehicle Stability Control System Tidak
Sabuk Pengaman Belakang Ya
Pengingat Pemakaian Sabuk Pengaman Ya
Spion Tengah Lipat Ya
Sabuk Pengaman Depan dengan Penyesuai ketingg Ya
Kamera Belakang Tidak
Crash Sensor Ya
Engine Check Warning Ya
Pengukur Tekanan Ban Tidak
Pelindung Benturan Depan Ya
Pelindung Benturan Samping Ya
Pengingat Pintu Terbuka Ya
Kontrol Traksi Tidak

Mesin Honda BRV

Mesin New Honda BRV Facelift 2020
Mesin New Honda BRV Facelift 2020

Honda BR-V menggunakan mesin 1.5L SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC+DBW, sedikit mirip dengan Honda Brio yang menggunakan mesin 1.2L saja. Mesin ini cukup tangguh jika dibawa bermacet – macet ria dan berpetualang jarak jauh,

cocok dengan jalanan Indonesia yang stop and go apalagi dengan kapasitas tangki yang cukup besar yaitu 42 liter, dijamin anda tidak perlu takut mencari SPBU jika harus mudik mendadak yang mengharuskan anda membawa kendaraan pribadi.

Mesin
Tipe Mesin 1.5 SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VEC+DBW
Kapasita Isi Silinder 1.497 cc
Sistem Bahan Bakar PGM-FI
Jenis Baban Bakar Bensin
Daya Maksimum 120/6.600
Torsi Maksimum 145/4.600
Transmisi CVT
Jumlah Silinder 4

Dengan mesin yang berukuran sedang dan bertujuan untuk menjadi rival kompetitor di kelasnya, tentu saja mobil baru ini tidak cocok jika dipasangkan dengan bodi sekelas Honda Mobilio, oleh karena itu, BR-V menjawab tantangan ini dengan panjang 4.456mm lalu lebar 1.735mm dan tinggi 1.666mm, cukup gagah untuk menjadi rival utama. Jarak sumbu roda 2.662mm membuat mobil ini tidak terlalu panjang, tapi juga tidak pendek – pendek amatGround clearance nya setinggi 201mm membuat Honda BR-V siap menerjang banjir dan jalanan terjal.

Fitur Keamanan Honda BR-V

Fitur keamanan yang standar seperti potenzioner seatbelt untuk menunjang kemanan pengendara sudah terpasang pada Honda BR-V ini. Selain itu, ada juga fitur Dual Airbag System yang akan memberikan keselamatan tambahan ketika terjadi benturan mendadak.

Pada bagian pengereman, Honda BRV sudah didukung dengan fitur Anti-lock Brake System (ABS) dan juga Electronic Brake Force Distribution (EBD). Fitur-fitur modern pada Honda BRV tersebut berfungsi untuk mencegah roda terkunci pada saat terjadi pngeremam mendadak. Selain itu, teknologi EBD juga memungkinkan pengendara mendapatkan kestabilan dalam mengontrol kendaraan.

Untuk fitur selanjutnya, Honda BR-V dibekali dengan bekali fitur keamanan yang komplit, namun sepertinya fitur tersebut hanya akan diberikan pada varian tertinggi Honda BRV, yaitu BR-V Prestige. Fitur-fitur yang ditawarkan Honda antara lain Vehicle Stability Assist dan Hill Start Assist, di mana kedua fitur tersebut memudahkan pengoperasian Honda BR-V dan akan menjaga kestabilannya.

Selain itu, ada juga teknologi Immobilizer Key yang juga turut dibenamkan pada mobil ini. Jadi, selain unggul dalam desain dan performa, spesifikasi Honda BR-V ini juga memiliki fitur keamanan dan kenyamanan yang lengkap.

Keamanan
Smart Access Card Entry Tidak
Central Locking Ya
Power Door Locks Ya
Anti Theft Device Ya
Alarm Mobil Ya
Engine Immobilizer Ya

Suspensi dan Kaki-kaki

kedaraan roda 4 yang satu ini juga sudah di desain menggunakan teknologi kaki-kaki yang cukup kokoh dan kuat untuk membuatnya dapat meredam semua getaran yang di timbulkan dari jalanan yang bergelombang.

Dimana untuk suspensi bagian depan Honda BR-V menempatkan tipe suspensi MacPherson Strut dan pada sisi bagian belakang menggunakan tipe suspensi H-Shape Torsion Beam.

Dengan penggunaan tipe suspensi yang cukup berkelas tersebut tentu saja menjadikan mobil ini dapat melaju dengan kecepatan tinggi tanpa harus takut ketika melwati jalan berlubang.

Namun untuk menjaga agar tetap terkendali dengan baik, mobil yang menggunakan roda berukuran 195/60/R16 dengan tipe 16″ Alloy Wheel juga memiliki sistem pengereman yang cukup baik, dimana pada bagian ini, Honda sudah meletakan fitur Anti-lock Brake System (ABS) dan juga Electronic Brake Force Distribution (EBD).

Sasis Ban & Velg
Ukuran Velg Alloy 16 inch
Ukuran Ban depan dan belakang 195/60/R16
Rem Depan Disc
Rem Belakang Drum
Suspensi Depan Macpherson Strut
Suspensi Belakang H-Shape Torsion Beam

Harga Honda BR-V

Pilihan Tipe dan Harga Honda BRV
Pilihan Tipe dan Harga Honda BRV
Harga
Harga Honda BR-V S 6M/T Rp 236.500.000.-
Harga Honda BR-V E MT Rp 247.500.000.-
Harga Honda BR-V E CVT Rp 257.500.000.-
Harga Honda BR-V Prestige Rp 272.500.000.-

Note 

  • Harga Brio  diatas merupakan harga OTR wilayah Jakarta dan sekitarnya
  • Harga Brio diatas masih dapat berubah sewaktu-waktu

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close