Honda

New Honda Civic Hatchback RS 2020

dahulu mobil ini di kenal dengan nama honda civic hatchaback, dan Kini telah hadir kembali varian mobil terbaru, Honda Civic Hatchback RS 2020. Honda memang tak pernah berhenti untuk selalu berinofasi melahirkan karya-karya terbarunya. dengan munculnya Honda Civic Hatchback RS.

Berbekal spesifikasi yang sudah mendapatkan berbagai tahapan penyegaran, Honda Civic Hatchback RS muncul ke permukaan sebagai varian mobil tertinggi dari Honda.

Awalnya Honda Civic Hatchback pertama kali diluncurkan pada tahun 2017. Kala itu, kehadirannya disambut gembira oleh para pengguna roda empat.

https://hondagajahmada.id/Bukan hanya itu saja, seketika menjadi momok bagi industri mobil lainnya. Tak ingin meninggalkan ruang kosong, bersama dengan PT. Honda Prospect Motor, hadirlah kembali Honda Civic Hatchback RS.

Varian ini sudah dipersiapkan untuk menguasai segmen pasar hatchback. Berikut akan kami ulas secara tuntas spesifikasi Honda Civic Hatchback RS untuk anda.

Spesifikasi Honda Civic Hatchback RS

Mobil dikenal untuk pertama kalinya dilihat dari desain yang dibawanya. Tak terkecuali Honda Civic Hatchback RS 2020 ini.Desain mobil dibuat lebih sporty sehingga tampil sangat elegan.

Perubahan terbesarnya ada pada bagian sistem penerangannya. Untuk tampilan luar, hatchback terbaru ini masih mempertahankan konsep pendahulunya. Dengan mengusung Extremely Sporty Design With Innovative Silhouette.

JenisCity Car
Harga MulaiRp 499 Juta
Mesin1498 cc
Tenaga171 hp
TransmisiCVT
Tempat Duduk5 Kursi

Dimensi Honda Civic Hatchback

Honda Civic Hatchback RS
Honda Civic Hatchback RS

Setiap sisi Honda Civic Hatchback RS seluruhnya dilengkapi dengan pencahayaan semakin canggih dan modern. Menengok ke bagian depan, telah dibekali LED Daytime Running Light (DRL) dan Full LED Headlight.

Sorotan lampu yang tajam membuat Honda Civic Hatchback RS 2020 semakin gahar saat di malam hari. Beralih ke sisi sampingnya, dilengkapi dengan Side Position Lamp dan LED Fog Lamp

.Pandangan mobil yang luas menambah kesan aman dan nyaman saat digunakan. Selanjutnya ke bagian belakang, disematkan LED Light Bars dan Rear Combi Lamp, tampil semakin percaya diri.

Tak hanya sistem penerangannya saja yang memberikan kejutan bagi kita. Bumper yang diusung Honda Civic Hatchback turut menjadi pusat perhatian.

Pasalnya, mulai dari bumper depan hingga side sill garnishnya, semua mendapatkan pembaruan. Telah dipasang Aero Kit sebagai tambahan tampilan yang lebih memukau.

Disamping itu, tak ketinggalan dengan New Centre Exhaust Pipe dan bumper difuser yang disematkan pada bagian belakangnya.Sebagai pertanda keberadaannya, lambang RS sebagai simbol varian tertinggi dari Honda ikut terpampang jelas di bagian belakang.

P x L x T  4.501 mm X 2.076 mm X 1.421 mm
Jarak Poros Roda2.700 mm
Jarak Terendah150 mm
Berat Kosong
Jumlah Penumpang (max)5
Kapasitas Tangki BBM47 L
Dimensi Civic Hatchback RS

Eksterior

Exterior Samping Honda Civic Hatchback
Exterior Samping Honda Civic Hatchback

Dari bagian depan langsung terlihat desain bumper depan baru, jika dahulu cover foglamp tertutup plastik bermotif sarang lebah, kini Honda memberikan garis mengkurva pada bagian atas foglampnya. Selain menambah kesan elegan, sekaligus menegaskan kesan sporty khas Honda Civic Hatchback RS 2020.

Bila dilihat lebih detail, Honda juga menambahkan under spoiler berkelir hitam glossy yang membuat hatchback medium ini terlihat makin sporty dan ciamik.

Detail yang kami suka adalah, spoiler depan ini seakan membentuk splitter (pemisah) angin untuk kebutuhan aerodinamika khas mobil balap. Sebuah ubahan ringan yang memikat.

Lanjut ke bagian samping  Anda mungkin tidak akan langsung sadar bila kelir velg 17 inch-nya baru. Jika dahulu warna silver dan hitam, kini menggunakan kelir abu-abu gelap dikombinasikan warna hitam. Meski ubahan yang dilakukan ringan, tapi membuat mobil ini tampak semakin sporty sesuai nafas emblem RS yang diusung.

Desain spoiler samping juga baru dan makin tegas, terutama lekukan pada bagian bawah pintu penumpang belakang. Satu lagi ubahan yang tidak terlalu tampak oleh mata namun efeknya terasa ketika mobil sedang digunakan yaitu kaca Civic RS ini telah mengadopsi tipe green tinted glass yang mampu menolak panas meski tanpa dilapisi kaca film.

Selain logo RS yang berakronim Road Sailing, ubahan yang tampak jelas oleh mata adalah desain bumper belakang baru dengan desain diffuser yang lebih tegas dari model sebelum facelift.

Ujung knalpot yang sebelumnya diletakkan pada bagian ujung bumper belakang sebelah kanan, kini berganti knalpot ganda yang berada di tengah bawah bumper belakang.

Meski desain knalpot ini seolah hanya untuk tampilan semata, namun ketika dilihat seksama di bagian bawah, terlihat jelas ukuran yang besar dikombinasi dengan lekukan pipa knalpot yang didesain sedemikian rupa membuat aliran gas buang menjadi lebih lancar. Secara langsung desain knalpot seperti ini juga akan memberikan efek positif pada performanya.

Interior

Interior Honda Civic Hatchback
Interior Honda Civic Hatchback

Desain dashboard  ini sama dengan model sebelum facelift, tetap terlihat mewah berkat penggunaan warna hitam dan menggunakan kulit berkualitas sebagai pelapisnya.

Dan pada  bagian tengah dashboard terdapat head unit yang menggunakan layar sentuh dengan beberapa fitur penunjang seperti CD/DVD Player, MP3/WMA, Radio AM/FM, Aux Input, HDMI Port, Smartphone Connection, dan Bluetooth. Sayang sekali head unit yang digunakan masih merupakan produk aftermarket bukan unit yang terintegrasi.

Fitur Honda Civic Hatchback
Fitur Honda Civic Hatchback

Kursi  ini terasa nyaman dan menyenangkan ketika diduduki, karena posisi duduknya begitu ergonomis terutama di kursi pengemudi. Penggunaan material kulit yang berkualitas dipadu dengan aksen jahitan merah di kursi serta trim pintu memberi kesan sporty yang kental pada kabin mobil ini.

Untuk kursi depan keduanya juga sudah dapat diatur delapan arah secara elektrik sehingga memudahkan pengaturan. Meski tampak sepele, namun sentuhan pedal set aluminium  ini membuat hatchback medium ini makin nyaman ketika digunakan.

Sebab, grip pada pedal tidak akan mudah terlepas dan juga lapisan karet pada footrest membuat kaki Anda semakin nyaman. Soal kualitas buatan juga tidak perlu diragukan lagi, sebab pedal set ini dipasang paten pada pedal dan tanpa penjepit.

Fitur Honda Civic Hatchback RS

Fitur keselamatan pada mobil  ini sudah cukup lengkap dimulai dari fitur pengereman pada mobil ini menggunakan fitur ABS, EBD, dan BA yang akan memberikan performa pengereman secara maksimal.

Tak sampai disitu saja, rem juga sudah dilengkapi dengan sistem Brake Override system yang akan bekerja mendahulukan pengereman jika tidak sengaja pedal gas dan rem diinjak bersamaan.

Tidak lupa kerangka bodi yang sudah memenuhi unsur GCON + Ace juga dilengkapi dengan Side Impact Beam guna melindungi dari tumbukan samping dan Pedestrian Protection yang akan membuat bagian pada mobil tidak melukai pejalan kaki.

Fitur Keselamatan Honda Civic Hatchback
Fitur Keselamatan Honda Civic Hatchback

Sebagai keselamatan pasif juga tersedia Dual Front SRS Airbags, Side Airbags, Side Curtain Airbags, dan seat belt with pretensioner yang akan menjaga pengemudi dan penumpang terhindar dari cedera serius ketika terjadi benturan.

Dan tidak lupa ada fitur Vehicle Stability Assist yang akan menjaga mobil tidak akan kehilangan cengkraman saat berbelok dengan kecepatan tinggi dan juga Hill Start Assist yang sangat membantu ketika mobil berada di tanjakan.

Immobilizer with Security Alarm dan Smart Entry juga akan menjaga mobil Anda tetap aman ketika parkir. Selain itu terdapat kamera belakang yang akan membantu pengemudi melihat kondisi di belakang mobil baik saat mundur maupun parkir.

Fitur Kenyamanan

ACYa
Power Window DepanYa
Power Window- BelakangYa
Automatic Climate ControlYa
Power SteeringYa
PemanasYa
Ventilasi AC BelakangYa
Glove Box dengan PendinginTidak
Engine Start Stop ButtonYa
Adjustable SeatsYa
Kursi Pengemudi Dengan Penyesuai KetinggianYa
Kursi dengan Heater – DepanTidak
Kursi dengan Heater – BelakangTidak
On Board ComputerYa
Spion Lipat ElektrikYa
Automatic Head LampsYa
Follow Me Home HeadlampsTidak
Steering Wheel Gearshift PaddleYa
Power OutletYa
Lingkar kemudi Dengan Tombol Multi FungsiYa
Cruise controlYa
Kursi Lipat BelakangYa
Pembuka BagasiYa
Lampu Pengingat Jumlah Bahan BakarYa
Lampu bacaYa
Headrest Kursi BelakangYa
Arm Rest Belakang TengahYa
Cup Holder – depanYa
Cup Holder – belakangYa
Lumbar supportYa
Bottle HolderYa
Lampu BagasiYa
Vanity MirrorYa
Meja Lipat BelakangTidak
Keyless EntryYa
Arm Rest Konsol TengahYa
Fitur Kenyamanan

Fitur Keselamatan

Airbag Penumpang DepanYa
Airbag Samping DepanYa
Child Safety LocksYa
Kantong Udara PengemudiYa
Anti Lock Braking SystemYa
Brake AssistYa
EBD (Electronic Brake Distribution)Ya
Vehicle Stability Control SystemYa
Sabuk Pengaman BelakangYa
Pengingat Pemakaian Sabuk PengamanYa
Spion Tengah LipatYa
Sabuk Pengaman Depan dengan Penyesuai ketinggYa
Kamera BelakangYa
Sensor ParkirYa
Crash SensorYa
Engine Check WarningYa
Pengukur Tekanan BanTidak
Pelindung Benturan DepanYa
Pelindung Benturan SampingYa
Pengingat Pintu TerbukaYa
Fitur Keselamatan

Mesin

Mesin Honda Civic Hatchback
Mesin Honda Civic Hatchback

Urusan mesin tidak ada ubahan. Civic Hatchback RS dibekali mesin bensin 1,5 liter VTEC plus dorongan turbocharger. Hasil pembakaran mesin ini memberi torsi maksimal 220 Nm di rentang 1.700 – 5.500 rpm. Lalu buncahan daya berada di angka 173 PS pada 5.500 rpm. Honda menyebut inilah tenaga terbesar dikelasnya.

Semua output didistribusi via transmisi CVT dan penggerak roda depan. Penggunaan teknologi Earth Dream diklaim memberi keseimbangan responsif dari putaran rendah hingga tinggi. Selain itu juga turut menekan konsumsi bahan bakar semakin irit.

Rasa berkendara sporty didukung dengan fitur Paddle Shift yang memberikan sensasi racing untuk mengatur perpindahan transmisi 7 kecepatan hanya dengan menggunakan ujung jari. Kelincahan dan stabilitas berkendara dalam berbagai kecepatan dihasilkan lewat fitur Dual Pinion Electric Power Steering (EPS).

Tipe Mesin1.5L 4 Silinder Segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 Katup + DBW
Kapasita Isi Silinder1498 cc
Sistem Bahan BakarDirect Injection
Jenis Baban BakarBensin
Tenaga Maksimum171,5 Hp (173 Ps) @ 5,500 rpm
Torsi Maksimum220 Nm @ 1,700 – 5,500 rpm
TransmisiCVT
Mesin Civic Hatchback RS

Kaki-Kaki

suspensi yang digunakan mobil honda civic ini terbilang cukup mempuni pada kelas mobil berjenis sedan ini. Dengan dibekali suspensi berjenis  MacPherson Strut untuk bagian depan dan Double Wishbone untuk bagian belakang akan membuat mobil sedan ini lebih nyaman dalam di kendarai.

Dan kedua jenis suspensi tersebut mampu bekerja dengan baik dengan meredam getaran yang terjadi pada mobil saat melalui jalanan bergelombang. Jadi untuk fasilitas kenyamanan yang terdapat pada mobil honda civic ini makin terjamin.

Mobil disain body yang mewah ini dibekali dengan sistem kemudi power steering yang membuat sistem kumudi pada mobil ini lebih rinagn dan mobil jadi lebih mudah untuk dikendalikan. Semetara itu untuk menghentikan laju dari kecapatan yang dihasilkan oleh mobil ini honda telah membekali sistem pengereman yang sangat keren.

Dengan adanya rem berjenis Ventalled disc pad bagian depan dan pada bagian belakangnya terdapat rem yang berjenis solid disc, akan membuat sistem pengereman pada mobil honda civic ini lebih maksimal. Apalagi pada sistem pengereman ini dibekali dengan sistem pengereman ABS + EBD dengan disertai Brake Assist.

Material Velg17 inch Alloy wheel
Ukuran Ban215/50
Rem DepanVentilated Disc
Rem BelakangDisc
Suspensi DepanMacpherson Strut
Suspensi BelakangMulti Link
Bagian Kaki – Kaki Civic Hatchback RS

Harga

TypeHarga
Civic Hatchback RS 2020 CVTRp. 499.000.000
Harga Civic Hatchback RS

Note 

  • Harga Civic Hatchback RS  diatas merupakan harga OTR wilayah Jakarta dan sekitarnya
  • Harga masih dapat berubah sewaktu-waktu

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close