Suzuki

Spesifikasi Mobil Suzuki New Karimun Wagon R

Suzuki Karimun Wagon R versi terbaru telah di perkenalkan oleh PT Suzuki Indomobil karena dalam perkembangannya, Suzuki Karimun sendiri memang sempat mengalami beberapa evolusi, dari Karimun generasi pertama sampai yang terakhir Karimun Estilo.

Suzuki dengan menghadirkan Karimun Wagon R sebagai salah satu unit mobil LCGC yang sekaligus sebagai pengisi kekosongan di pangsa pasar mobil murah yang cocok untuk di perkotaan.

Dengan kehadiran Karimun Wagon R sendiri dibarengan dengan lahirnya beberapa unit LCGC dari kompetitor lainnya

Spesifikasi Suzuki New Karimun Wagon R 2020

Mobil yang diperkenalkan 2013, mampu menampung lima orang di dalamnya. Diam-diam Suzuki melakukan perubahan minor pada Karimun Wagon R pada April 2017 di Indonesia International Motor Show (IIMS). Perubahan yang dilakukan terlihat dari eksterior.

Mobil ini sudah tidak lagi menggunakan roof rail. Sementara untuk mengeluarkan aura sporty, Suzuki memberi ubahan pada desain grille depan.

Spesifikasi Suzuki Karimun Wagon R GS
Spesifikasi Suzuki Karimun Wagon R GS

Dibuat lebih sporty, meski tidak lagi memakai lapisan krom. Namun bagian moncong mobil, kini menggunakan warna hitam dan terdapat logo S. Berbeda dari model sebelumnya yang masih memakai lambang garuda. Logo dipindahkan posisinya ke bagian belakang.

Kaki-kaki turut diubah. Meski tetap menggunakan ukuran yang sama, namun desain baru Velgnya lebih sporty. Bahkan untuk memberi pilihan bagi konsumen, Suzuki menawarkan pilihan warna eksterior baru, Speedy Blue.

Kabinnya terbilang lega di segmennya. Itu berlaku untuk penumpang belakang, apalagi baris depannya. Desain kabin menyediakan ruang kaki lebih lega. Bodinya yang tinggi, memberi ruang kepala yang cukup lega.

JenisCity Car
Harga MulaiRp 118 Juta
Mesin1000 cc
Tenaga58 hp
TransmisiManual M/T / Automatic
Tempat Duduk5 Kursi

Dimensi

Suzuki Karimun yang awal mulanya pada tahun 1999 hanya mempunyai satu pilihan mesin dengan kapasitas 1.000cc yang berkonfigurasi empat silinder. Lalu dengan semakin berkembangnya teknologi dan segmentasi pasar yang terus berkembang,

Suzuki Karimun Wagon R saat ini masih menggunakan mesin dengan kubikasi silinder yang sama yaitu 1.000cc, namun untuk teknologi yang digunakan berbeda seperti Multiport Injection yang menjadikannya efisien dalam pemakaian bahan bakar,

Mobil Suzuki Karimun Wagon R memiliki dimensi yang terbilang cukup baik dan sebagai mobil adalah city car, dan lumayan besar jika dilihat dari sisi LCGC. Mobil dengan panjang 3.635mm, lebar 1.475mm, dan tinggi 1.670mm ini terlihat lebih kotak dibanding kompetitor

Kapasitas penumpang yang hanya cukup untuk 5 orang juga membuat mobil ini terhitung sempit jika harus dinaiki oleh orang dengan tinggi lebih dari 170 cm dan bobot lebih dari 90 kg.

Panjang Kendaraan 3.600 (mm)
Lebar Kendaraan 1.475 (mm)
Tinggi Kendaraan 1.670 (mm)
Sumbu Roda/Jarak Poros Roda2.400 (mm)
Jarak Pijak Depan1295 (mm)
Jarak Pijak Belakang
Jarak Rendah Kendaraan 165 (mm)
Radius Putar/Momen Puntir 4.6
Berat Kosong Tanpa Muatan1275 (Kg)
Kapasitas Tangki (Litres)32 L
Kapasitas Penumpang (orang)5

Exterior Suzuki Karimun Wagon R

Exterior Karimun Wagon R
Exterior Karimun Wagon R

Sebagai salah bagian dari mobil mix class antara city car dengan LCGC, sudah seharusnya Suzuki Karimun Wagon R wajib memiliki tampilan yang berbeda, dengan meninggalkan kesan mobil mahal walaupun berada di kelas LCGC, dan memiliki kesan sebagai mobil hemat meskipun berada di kelas city car.

Pada bagian depan, mobil yang sudah banyak mengalami perubahan facelift ini yang memiliki grille yang sangat kotak, mengesankan bahwa mobil ini meskipun kecil namun tetap kokoh,

lampu depan yang terlihat seperti varian Suzuki Jimny juga terlihat cukup bagus, dengan tambahan fog lamp juga yang berguna untuk berkendara pada malam hari dengan kondisi penerangan jalan yang sedikit.

Selanjutnya beralih ke samping, layaknya mobil LCGC pada umumnya, namun bukan murahan karena sudah dilengkapi dengan spion yang bisa dilipat secara otomatis,

untuk penggunaan velg alloy ukuran 14 inchi semakin menambah kecantikan mobil ini jika dilihat dari sisi samping. Sementara itu di bagian sisi belakang,

mobil ini tidak terlihat banyak perubahan dari versi sebelumnya, hanya terdapat tambahan seperti list krom Suzuki Karimun Wagon R tersedia dalam 6 warna yang berbeda Pearl White, Cool Black, Graphite Grey, Burgundy Red, Radiant Red and Silky Silver

Interior Suzuki Karimun Wagon R

Suzuki Karimun Wagon R dikenal dengan mobil kecil yang memiliki bagasi cukup luas, hal ini juga masih berlaku pada Karimun Wagon R, terlebih memang dimensinya lebih besar dibanding Karimun jaman dahulu yang memang hanya bisa menampung empat orang dewasa saja.

Interior Karimun Wagon R
Interior Karimun Wagon R

Interior Suzuki Karimun Wagon R 2020 sekarang terlihat lebih efektif dalam menyimpang barang, terbukti dengan adanya Rear Tray untuk kemudahan penyimpanan yang tentunya bisa dilepas agar bagasi bisa lebih optimal,

Kabinnya terbilang lega di segmennya. Itu berlaku untuk penumpang belakang, apalagi baris depannya. Desain kabin menyediakan ruang kaki lebih lega. Bodinya yang tinggi, memberi ruang kepala yang cukup lega.

Panel dan tombolnya rapi, material solid dan kekedapan kabinnya juga baik. Bisa terbukti dari saat menyalakan mesin pertama kali, suara dan getarannya terasa minim. Head unit audio juga baru.

Bagasinya cukup mengakomodir banyak barang dan banyak penyimpanan kecil di setiap penjuru kabin. Bonusnya, bangku baris dua bisa dilipat.

Fitur Suzuki Karimun Wagon R

Mobil dengan harga di kisaran 100 jutaan ini memiliki beberapa fitur diantaranya adalah pilihan transmisi yaitu manual dan AGS atau Auto Gear Shift. AGS (Auto Gear Shift) ini merupakan sistem penggabungan dua tipe transmisi, baik manual ataupun otomatik.

Biasanya teknologi AGS ini dibenamkan pada sejumlah mobil kelas premium, namun Suzuki Indomobil Sales memberikan teknologi tersebut pada mobil murahnya yakni Wagon R AGS.

Pengendara bisa merasakan sensasi berkendara layaknya mobil manual dan otomatis dalam satu kendaraan. Kehebatan teknologi AGS (Auto Gear Shift) didukung aktuator hidrolik elektronik yang dikendalikan oleh  Electronic Control Unit (ECU) dan Transmision Control Modul untuk mengontrol kopling, perseneling gigi, serta mesin.

Peforma Karimun Wagon R
Fitur Karimun Wagon R

Selain fitur diatas, fitur keamanan juga turut diperhatikan, mobil bertransmisi auto ini dilengkapi system Immobilizer yang menggunakan sinyal dari kunci elektronik sebelum mesin ECU (Engine Control Unit) bekerja.

Selain itu ditambah juga keamanan bagi pengemudi dan penumpang dari bahaya kecelakaan, yakni sabuk pengaman atau seat belt 3-point ELR (Emergency Locking Retractor) yang secara otomatis mengunci dan menahan penumpang ketika terjadi hantaman dan tabrakan tiba-tiba.

Kenyamanan

Mengenai Fitur Hiburan, Suzuki Wagon R memiliki Smartplay Studio Touchscreen Infotainment berukuran 7 inci. Dengan adanya fitur ini menambah kesan canggih pada mobil.

Pasalnya fitur ini sudah mendukung format modern, seperti Apple CarPlay, Android Auto, Bluetooth, USB serta AUX. Namun Audio tersebut terasa sederhana, karena hanya di dukung dua buah speaker.

ACYa
Power Window DepanYa
Power Window- BelakangTidak
Automatic Climate ControlTidak
Air Quality ControlTidak
PemanasYa
Power SteeringTidak
Ventilasi AC BelakangYa
Glove Box dengan PendinginTidak
Engine Start Stop ButtonTidak
Adjustable SeatsYa
Kursi Pengemudi Dengan Penyesuai KetinggianYa
Kursi dengan Heater – DepanTidak
Kursi dengan Heater – BelakangTidak
Spion Lipat ElektrikTidak
On Board ComputerTidak
Automatic Head LampsTidak
Follow Me Home HeadlampsTidak
Steering Wheel Gearshift PaddleTidak
Power OutletYa
Lingkar kemudi Dengan Tombol Multi FungsiTidak
Cruise controlTidak
Kursi Lipat BelakangTidak
Pembuka BagasiYa
Lampu Pengingat Jumlah Bahan BakarYa
Headrest Kursi BelakangYa
Arm Rest Belakang TengahTidak
Cup Holder – depanYa
Cup Holder – belakangYa
Lumbar supportTidak
Bottle HolderYa
Lampu BagasiTidak
Meja Lipat BelakangTidak
Keyless EntryTidak

Keselamatan

Fitur Keamanan Karimun Wagon R
Fitur Keamanan Karimun Wagon R
Airbag Penumpang DepanYa
Airbag Samping DepanTidak
Child Safety LocksYa
Kantong Udara PengemudiYa
Anti Lock Braking SystemTidak
Brake AssistTidak
EBD (Electronic Brake Distribution)Tidak
Vehicle Stability Control SystemTidak
Sabuk Pengaman BelakangYa
Pengingat Pemakaian Sabuk PengamanYa
Spion Tengah LipatTidak
Sabuk Pengaman Depan dengan Penyesuai ketinggYa
Kamera BelakangTidak
Sensor ParkirTidak
Crash SensorYa
Engine Check WarningYa
Pengukur Tekanan BanTidak
Pelindung Benturan DepanYa
Pelindung Benturan SampingYa
Pengingat Pintu TerbukaYa
Kontrol TraksiTidak

Keamanan

Smart Access Card EntryTidak
Anti Theft DeviceYa
Alarm MobilTidak
Engine ImmobilizerYa

Kaki Kaki

Suzuki Karimun Wagon R adalah salah satu pilihan yang harus anda pikirkan sebelum membeli mobil khususnya jika ingin membeli di kelas LCGC karena memang banyak sekali referensi pilihan mobil yang menawarkan keunggulan masing masing

Kelebihan Suzuki Karimun Wagon R selain mesin yang kecil dan irit, juga terlihat dari kemudi yang digunakan. Rack&Pinion digabung dengan Electric Power Steering memberikan kemudahan bagi para pengemudi mobil tersebut

karena akan sangat mudah untuk memutar gagang setir di setiap kondisi baik itu sedang menghadapi kemacetan maupun sedang berkendara santai menikmati matahari sore.

Selain itu, suspensi yang digunakan juga sangat nyaman ketika digunakan, yaitu MacPherson Strut with Coil Spring di bagian depan dan 3 Links Rigid with Coil Spring di bagian belakang, memberikan kenyamanan yang sempurna bagi pengendara dan penumpang.

Dari sektor ban dan rem pun, Suzuki Karimun Wagon R memiliki komposisi yang nyaman, yaitu pengereman depan dibantu oleh Ventilated Disc, sementara di bagian belakang menggunakan Drum atau yang biasa disebut “rem tromol”.

Sistem pengereman tersebut ditutupi oleh ban dengan ukuran 145/80 R13 yang membuat mobil ini sangat mudah dikendalikan di jalanan, lengkap dengan velg alloy ukuran 13inci membuatnya terlihat manis sekaligus bisa diandalkan.

Driving SystemRack & Pinion
Suspensi DepanMacPherson Strut with Coil Spring
Suspensi BelakangTorsion Beam with Coil Spring
Rem DepanVentilated Disc
Rem BelakangDrum, Leading and Trailing
Roda Dan Ban145/80 R13

Mesin Karimun Wagon R

Mesin Karimun Wagon R GS

Suzuki melalui Karimun Wagon R sekarang memiliki mesin dengan kubikasi silinder yang sama, 1.000cc, tetapi memiliki teknologi yang berbeda seperti penggunaan Multiport Injection 

telah diperbarui mengikuti regulasi pemerintah soal emisi gas buang lewat mesin K10B engine DOHC dan memiliki suplai bahan bakar bertipe Multi Point Injection.

yang membuatnya semakin efisien dalam konsumsi bahan bakar, lalu perbandingan kompresi nya mencapai 9.2:1 dengan daya maksimum sebesar 68/6.200 dan torsi maksimum 90/3.500,

membuat mobil ini meskipun kecil tetapi tidak kehilangan tenaga nya untuk dipacu di jalan bebas hambatan.

pada bagian mesin Suzuki Karimun Wagon R, terjadi perubahan cukup intens meskipun pada bagian mesin masih mengandalkan mesin berkubikasi 1.000 cc, tetapi

Selain itu, Suzuki Karimun Wagon R juga hemat bahan bakar dengan minimal penghabisan 1 liter bensin untuk 20 km. 

Jenis MesinF 10 D SOHC
Isi Silinder998 cc
Daya Maksimum68/6.200
Torsi Maksimum90/3.500
Diameter x Langkah73 x 79.5
Perbandingan Kompresi9.2 : 1
Jumlah / Tipe Silinder4
Sistem Bahan BakarMultipoint Injection
Bahan BakarBensin

Daftar Harga Suzuki Karimun Wagon R

TypeHarga
Karimun Wagon R GARp. 118.500.000
Karimun Wagon R GL M/TRp. 132.000.000
Karimun Wagon R GL AGSRp. 141.000.000
Karimun Wagon R GS M/TRp. 140.500.000
Karimun Wagon R GS AGSRp. 149.000.000
Karimun Wagon R Blnd VanRp. 131.000.000

Pertanyaan Costumer Karimun Wagon R

Berapakah Harga Mobil Suzuki Karimun Wagon R?

Karimun Wagon R GA = Rp. 118.500.000
Karimun Wagon R GL M/T = Rp. 132.000.000
Karimun Wagon R GL AGS = Rp. 141.000.000
Karimun Wagon R GS M/T = Rp. 140.500.000
Karimun Wagon R GS AGS = Rp. 149.000.000
Karimun Wagon R Blnd Van = Rp. 131.000.000

Berapa Kapasitas Mesin Suzuki Karimun Wagon R?

Suzuki Karimun Wagon R terbaru menggunakan mesin bertipe F 10 D SOHC dengan kapasitas 998 cc Power maksimun yang dihasilkan mampu menyemburkan output maksimun 68 HP dan torsi 90 Nm

Apasajakah Pilihan Warna Suzuki Karimun Wagon R?

untuk pilihan warnanya sendiri Karimun Wagon R tersedia dalam 6 warna, diantaranya adalah Pearl White, Cool Black, Graphite Grey, Burgundy Red, Radiant Red and Silky Silver

Berapakah Dp Dan Angsuran Termurah Suzuki Karimun Wagon R?

jika tertarik untuk membeli mobil Karimun Wagon R bisa juga di beli dengan cara kredit dengan DP minimum yang harus dibayarkan adalah DP Mulai Dari  Rp  26,94 Juta dengan cicilan / angsuran per bulan Rp 2,69 Juta untuk jangka waktu (60x) bulan atau 5thn

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close