Suzuki

Spesifikasi Mobil Suzuki XL7

Kemunculan XL7 pada 2020 sekaligus disebut sebagai penanda hari jadi ke-50 Suzuki di Tanah Air. Proses pembuatan Suzuki XL7 pun disinyalir mengikuti tren selera konsumen yang berangsur berubah dari low MPV ke low SUV.

Suzuki XL7 2020 ini dibangun di atas platform HEARTECT dimana merupakan basis terbaru dari Suzuki. Basis ini dibangun memperkuat bagian bawah bodi,

namun tetap dirancang dengan menggunakan material yang ringan guna memperoleh efisiensi bahan bakar yang baik, serta mendukung performa saat dikemudikan, bahkan saat bermanuver dan membantu pengereman.

Meski bermesin sama dengan Ertiga, tapi terdapat sedikit perbedaan pengaturan dari BCM (Body Control Module) dan ECM (Engine Control Module)

sehingga karakter mesinnya diklaim Suzuki sudah disesuaikan dengan ciri khas SUV. Karena pakai transmisi yang dipakai sama dengan Ertiga

Spesifikasi Suzuki XL7

Suzuki XL7 telah resmi diluncurkan di Indonesia serta memberikan pilihan baru bagi masyarakat akan kendaraan low SUV. Dari namanya, memang mirip dengan model Escudo XL7 yang eksis pada 2003 lalu.

Spesifikasi Suzuki XL7
Spesifikasi Suzuki XL7

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku agen pemegang merek Suzuki di Indonesia mengatakan bahwa XL7 terbaru ini bukan turunan dari model Escudo XL7.

meskipun demikian, Suzuki hanya mengambil ‘spirit’ Escudo XL7 sebagai pelopor SUV 7 penumpang. Kemunculan XL7 pada 2020 sekaligus disebut sebagai penanda hari jadi ke-50 Suzuki di Tanah Air.

Proses pembuatan Suzuki XL7 pun disinyalir mengikuti tren selera konsumen yang berangsur berubah dari low MPV ke low SUV. Hal tersebut pun tercermin dari sasis rancang bangun Suzuki XL7 yang menggunakan HEARTECT, alias sama seperti yang digunakan All New Ertiga, Ignis, dan Baleno.

JenisSUV
Harga MulaiRp 230 Juta
Mesin1.462 cc
Tenaga104 hp
TransmisiManual M/T / Automatic
Tempat Duduk7 Kursi

Dimensi Suzuki XL7

Suzuki XL7 sebelumnya resmi dirilis di India pada 21 Agustus 2019 lalu dengan nama XL6. Mobil yang disebut sebagai Ertiga crossover ini mengawali debutnya di India dan masuk pasar Indonesia pada 15 Februari 2020.

Dimensi Suzuki XL7
Dimensi XL7

Nah, terkait perbedaannya sendiri dengan versi Indonesia adalah soal konfigurasi. Di India Suzuki XL6 berkonfigurasi 6 penumpang dengan captain seat di baris ke

Jika mesin yang digunakan sama, untuk dimensi suzuki XL7 lebih besar dari keluaran Ertiga. Untuk memenuhi kualifikasi di berbagai medan, Suzuki XL7 dibekali dengan ground clearance yang lebih tinggi dan dimensi lebih besar.

Di atas kertas, XL7 memiliki ground clearance 200 mm. Sementara Ertiga sekitar 180 mm. Selanjutnya dari spesifikasi panjang x lebar x tinggi, Ertiga memiliki panjang sekitar 4.395 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.690 mm.

Sedangkan XL7 memiliki panjang 4.450 mm, lebar 1.775, dan tinggi 1.710 mm. Meski dimensinya beda, namun untuk desain sasis sama-sama menggunakan platform Heartect.

Panjang4,450 mm
Lebar1,775 mm
Tinggi1,710 mm
Jarak Poros Roda2,740 mm
Jarak Pijak Depan1,515 mm
Jarak Pijak Belakang1,530 mm
Jarak Terendah200 mm
Radius Putar Minimum5,1 m

Exterior Dan Interior XL7

Meski pakai basis Ertiga, nyatanya tampilan Suzuki XL7 sangat berbeda jauh dengan MPV tersebut. Tampak jelas pada bagian depan yang terdiri dari grill besar, desain lampu utama, lampu kabut, bumper, kap mesin, dan ornamen skid plater.

Exterior Suzuki XL7
Exterior XL7

Suzuki XL7 miliki grill besar berbentuk heksagonal dan ada bilah yang membelahnya, serta menghubungkan ke lampu utama. Perlu diketahui juga pencahayaan sudah pakai LED baik untuk lampu utama dan foglamp.

Suzuki XL7 tersedia dalam 7 warna yang berbeda – Pearl Snow White, Prime Cool Black, Pearl Burgundy Red, Metallic Magma Gray, Rising Orange Black, Brave Khakhi Black and Prime Snow White

Berpindah ke kaki-kaki, mobil dengan harga Suzuki XL7 sekitar Rp280 jutaan ini pakai velg alloy 15 inci. Menariknya lagi velg pada mobil LSUV ini gunakan warna hitam, sehingga bikin tampilan makin maskulin.

Di bagian dalam atau interior Suzuki XL7 tak akan mengecewakan. Pada sistem hiburan ditopang dengan infotainment SmartPlay Studio dengan tampilan layar sentuh 7.0 inci, serta sudah bisa terkoneksi secara Android auto dan Apple CarPlay.

banyak fitur canggih yang telah ada di mobil LSUV ini. Selain sistem infotainment tadi, Suzuki XL7 masih dilengkapi dengan kontrol iklim otomatis, kontrol jelajah, lampu depan dan wiper otomatis, dan keyless entry, serta start/stop button.

Kenyamanan dan kesan premium juga sangat terasa di bagian interior. Apalagi kalau bukan pemakaian jok kulit berwarna beige.

Interior Suzuki XL7
Interior Suzuki XL7

SUV ini miliki 3 varian, yakni Zeta, Beta, dan Alpha. Masing-masing dari ketiganya ditawarkan dalam pilihan transmisi manual dan otomatis dengan rincian exterior interior dan fitur yang di sesuaikan dengan harga

Type Zeta

Zeta menjadi varian terbawah yang ditawarkan oleh Suzuki. Namun jangan salah, meskipun disebut varian bawah, XL7 Zeta dilengkapi dengan berbagai perangkat.

Mulai dari eksterior dengan cahaya LED yang disematkan pada lampu depan utama, lampu siang hari (DRL) auto-on dan lampu belakang.

Tampilannya ditambah dengan palang kromium di grille, lower bumper, cladding hitam pada wheel arch, menggunakan pelek alloy berukuran 16 inci dilabur warna hitam dan roof rail.

Untuk tipe Zeta ini handle pintu dibuat senada dengan warna bodi, Warna serba hitam menjadi tema kabin XL7 tanpa membedakan tipe variannya.

Bagian jok sudah dilapisi kulit dan ornamen serat karbon sedangkan pada dasbor sebagai penguat karakter sporty. Pada dasbor itu, disematkan layar sentuh 8 inci sebagai pusat komando hiburan yang bisa digunakan di dalam kabin.

Terdapat konektivitas Bluetooth yang dapat dioperasikan dari palang kemudi. Semua varian XL7 sudah menggunakan penyejuk kabin digital serta terdapat fitur praktis power outlet di baris satu dan dua yang dapat digunakan untuk mengisi daya gawai Anda.

Ada arm rest di bagian tengah untuk penumpang baris kedua, Fitur safety XL7 Zeta ini tentu sudah dilengkapi rem ABS+EBD, dual SRS airbag, immobilizer, sensor parkir belakang, childproof door lock, kamera parkir mundur, ISOFIXdan alarm.

Type Beta

Varian yang levelnya diatas Zeta adalah Beta. Suzuki memberikan fokus pada dua tipe varian Beta dan Alpha dari segi kelengkapannya. Dari yang dimiliki Zeta ada tambahan lagi untuk Beta. Misalnya di bagian eksterior, handle pintu sudah disepuh krom.

Bagian interior juga ada tambahan. Lingkar kemudi sudah terbalut material kulit, ada arm rest di bagian depan dan baris kedua, AC sudah Auto Climate dengan tambahan pemanas dan ada cup holder berventilasi pendingin.

Tipe Beta menggunakan keyless entry dan menggunakan tombol untuk menyalakan dan mematikan mesin. Tipe Beta memiliki power outlet di setiap baris dan tambahan 2 tweeter audio di bagian depan.

Penjamin keselamatan sama dengan Zeta, tetapi ada sedikit tambahan electronic stability programme (ESP) dan hill hold control (HHC).

Suzuki XLZ tipe Zeta dan Beta ini bisa diangkut dengan pilihan warna Prime Cool Black, Pearl Snow White, Pearl Burgundy Red dan Metallic Magma Grey.

Type Alpha

Terakhir adalah varian Alpha yang menjadi varian tertinggi Suzuki XL7. Alpha memiliki semua kelengkapan yang dimiliki Beta. Namun ada yang lebih mewah dan lengkap sebagai tipe termahal.

Eksterior menggunakan tema dwiwarna, ada spoiler di atas belakang, menggunakan bingkai penghias pelat nomor kromium, door visor dan emblem spesial Alpha.

Kabin juga hampir sama dengan Beta tapi ada tambahan fitur canggih E-Mirror. Perangkat E-Mirror ini cukup menarikperhatian dimana mengubah kaca spion tengah dengan tampilan digital yang bisa menampilkan tangkapan kamera depan dan belakang disaat mengemudi.

Fitur canggih ini pertama kali hadir di segmen LSUV. Karena ada kamera depan di balik spion, maka dapat difungsikan juga sebagai dashcam.

Sementara untuk fitur safety Alpha sama dengan yang dimiliki oleh Beta. Sedangkan soal warna, khusus varian Alpha tersedia banyak pilihan warna yakni Rising Orange + Black, Brave Khaki + Black, Prime Cool Black dan Prime Snow White.

Mesin Suzuki XL7 yang digunakan, seperti yang sudah disebut di atas sama dengan Ertiga terbaru. Unit 1,5 liter 4-silinder bertenaga 104,7 hp dengan torsi yang mampu disemburkan XL7 mencapai 138 Nm.

Ada total 6 warna untuk Suzuki XL7. Untuk varian Beta dan Zeta ada empat warna, Prime Cool Black, Pearl Snow White, Pearl Burgundy Red, dan Metallic Magma Gret.

Sedangkan untuk varian Alpha memiliki opsi dua warna berbeda yakni Rising Orange + Black dan Brave Khaki + Black selain dua warna di tipe sebelumnya, Prime Cool Black dan Pearl Snow White.

Seperti diketahui, XL7 merupakan versi 7 penumpang dari tipe Suziki XL6. Model ini merupakan SUV crossover yang dibangun dari Suzuki Ertiga. Suzuki sepertinya ingin merebut pasar yang lebih besar lagi dibandingkan hanya mengandalkan Low MPV.

Fitur

XL7 hadir dengan berbagai fitur canggih di dalamnya. Salah satu fitur canggih yang ada di XL7 ialah smart e-mirror.

Namun sayangnya, fitur ini hanya ada di varian Alpha. Fitur ini merupakan spion tengah dengan fungsi untuk merekam kejadian pada sisi depan juga sisi belakang mobil secara langsung.

Fitur Suzuki XL7
Fitur XL7

Selain itu, pada varian Beta dan Zeta juga dilengkapi dengan keyless push start stop button dan AC digital auto climate with heater serta power outlet hingga baris ketiga.

Melihat aspek safety, Suzuki XL7 hadir dengan fitur ABS & ABD, ISOFIX, dual SRS airbag, sensor parkir, dan kamera belakang.

Untuk varian Beta dan Zeta mendapat fitur Hill Electronic Stability Programme (ESP) dan Hold Control (HHC) pada tipe AT.

Fitur Exterior

ExteriorZetaBeaAlpha
Bold LED Headlamp
with DRL (Auto On)
YesYesYes
Bold LED Rear LampYesYes (with light guides)Yes (with light guides)
Muscular Sweeping
Cross-Bar Fron Chrome Grille
Design
YesYesYes
Bold Hood Side SlitYesYesYes
Muscular Wheel
Arch Extension
YesYesYes
Muscular Lower
Bumper
YesYesYes
Bold Black Painted
Alloy Wheel 195/60
R16
YesYesYes
Door HandleYes (Body Colored)Yes (Chrome)Yes (Chrome)
Roof RailsYesYesYes
Bold Two-tone
Color
  Yes
Rear Upper Spoiler  Yes
Number Plate
Garnish Chrome
  Yes
Door Visor  Yes
Alpha Emblem  Yes

Fitur Interior

InteriorZetaBetaAlpha
Spacious Cabin with
Black Interior Cabin
YesYesYes
Stunning Audio
Touchscreen 8 inch
YesYesYes
Stunning MID Color DotYesYesYes
Steering Wheel with
Bluetooh Phone
Connection
YesYes (with Leather & Switch Audio Control)Yes (with Leather & Switch Audio Control)
Center Arm RestYes (2nd row)Yes (1st & 2nd row)Yes (1st & 2nd row)
AC DigitalYesYes (+Auto Climate with Heater)Yes (+Auto Climate with Heater)
Keyless Push Start
Stop Button
 YesYes
Ventilated Cup
Holder
 YesYes
2 Front Tweeter  Yes
Power OutletYes (1st & 2nd row)Yes (1st, 2nd & 3rd row)Yes (1st, 2nd & 3rd row)
Smart E-Mirror  Yes
Door Sill Guard  Yes
Spacious Luggage
Space
YesYesYes
50:50 Solit Luggage
Board
YesYesYes

Fitur Keaselamatan dan Keamanan

ABD & EBDYesYesYes
Dual SRS AirbagsYesYesYes
Rear Parking SensorYesYesYes
Rear Camera (AT)YesYesYes
ISOFIXYesYesYes
ImmobilizerYesYesYes
Side Impact BeamYesYesYes
Childproof Door
Lock
YesYesYes
Security AlarmYesYesYes
Electronic Stability
Programme (ESP)
 YesYes
Hill Hold Control
(HHC) (AT)
 YesYes

Mesin Suzuki XL7

Dari sisi dapur pacu, mesin Suzuki XL7 dengan Ertiga standard sama tidak ada yang berbeda. Sama-sama pakai mesin K15B 4-silinder 1.5L.

Hanya saja, LSUV ini dilengkapi dengan teknologi mild hybrid dari SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki). Mesin tersebut mampu semburkan tenaga sebesar 105 Ps dan torsi 138 Nm.

Dengan membeli harga Suzuki XL7, Otolovers juga akan mendapatkan mobil yang memakai intergrated starter generator (ISG) untuk lebih menghemat konsumsi BBM. Klaim efisiensinya, 19,01 km/liter dengan transmisi manual 5-percepatan dan 17,99 km/liter dengan transmisi otomatis 4-percepatan.

JenisK15B
Isi Silinder1.462 cc
Jumlah Katup16
Jumlah Silinder4
Diameter x Langkah74,0 mm x 85,0 mm
Perbandingan Kompresi10.5
Daya Maksimum104,7/6.000 PS / rpm
Momen Puntir Maksimum138/4.400 Nm / rpm
Sistem Bahan BakarMultipoint Injection

Kaki Kaki

Sistem KemudiRack & Pinion
Suspensi DepanMcPherson Strut with Coil Spring
Suspensi BelakangTorsion Beam with Coil Spring
Rem DepanVentilated Disc
Rem BelakangDrum, Leading & Trailing
Ukuran Ban195/60 R16

Harga Mobil Suzuki XL 7

Harga Suzuki XL7
Harga Suzuki XL7

Meskipun menggunakan platform dan mesin yang sama dengan Ertiga, namun Suzuki sudah memastikan jika XL7 akan bermain di genre low sport utility vehicle (LSUV). Hal ini disampaikan oleh Donny Saputra, selaku Marketing Director 4W PT SIS.

Bersaing dengan Xpander cs, Suzuki XL7 ini ditargetkan dapat menguasai 20 persen dari market di segmen low SUV.

Menurut SIS, saat ini market low SUV per bulannya adalah di angka 10.000 unit. Artinya Suzuki XL7 diharapkan terjual 2.000 unit per bulan.

TipeHarga
XL7 Zeta 2020 MTRp230.000.000
XL7 Zeta 2020 ATRp240.500.000
XL7 Beta 2020 MTRp246.500.000
XL7 Beta 2020 ATRp257.000.000
XL7 Alpha 2020 MTRp256.500.000
XL7 Alpha 2020 ATRp267.000.000

Pertanyaan Costumer Suzuki Xl 7

Berapakah Harga Mobil Suzuki XL7?

XL7 Zeta 2020 MT = Rp230.000.000
XL7 Zeta 2020 AT = Rp240.500.000
XL7 Beta 2020 MT = Rp246.500.000
XL7 Beta 2020 AT = Rp257.000.000
XL7 Alpha 2020 MT = Rp256.500.000
XL7 Alpha 2020 AT = Rp267.000.000

Berapa Kapasitas Mesin Suzuki XL7?

Semua varian Suzuki XL7 menggunakan mesin K15B, 4-silinder 1,462 cc. Menghasilkan daya sebesar 105 PS / 6.000 rpm dan torsi maksimal 138 Nm / 4.400 rpm. Output ini kemudian disalurkan melalui transmisi manual (MT) 5-speed atau otomatis (AT) 4-speed

Apasajakah Pilihan Warna Suzuki XL7?

untuk pilihan warnanya sendiri Suzuki XL7 tersedia dalam 7 pilihan warna, diantaranya adalah Pearl Snow White, Prime Cool Black, Pearl Burgundy Red, Metallic Magma Gray, Rising Orange Black, Brave Khakhi Black and Prime Snow White

Berapakah Dp Dan Angsuran Termurah Suzuki XL7?

jika tertarik untuk membeli mobil Suzuki XL7 bisa juga di beli dengan cara kredit dengan DP minimum yang harus dibayarkan adalah DP Mulai Dari  Rp 56,4 Juta dengan cicilan / angsuran per bulan Rp 4,54 Juta untuk jangka waktu (60x) bulan atau 5thn

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close